Cari Blog Ini

Sabtu, 17 April 2010

Apa Dan Bagaimana Amandel Itu ?

Apa amandel itu ? Semua orang memiliki amandel. Letaknya di kiri dan kanan muara mulut kita. Amandel ini merupakan pertahanan tubuh kita dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Amandel berfungsi membasmi bibit penyakit atau kuman dari udara nafas, makanan dan minuman. Bayangkan kalau tidak ada amandel bibit penyakit akan mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh yang lain.
Kapan amandel harus dioprasi ? Melihat fungsinya sebagai pelawan kuman penyakit yang masuk lewat rongga mulut, berarti amandel sering berperang melawan bibit penyakit. Apabila amandel sering perang dengan bibit penyakit dan sering mengalami kekalahan maka amandel akan mengalami kerusakan. Kelenjar amandel semakin lemah kita akan mudah sakit.
Penderita gangguan amandel harus menjaga kebersihan rongga mulutnya, sering berkumur, terutama sebelum tidur malam,gosok gigi yang teratur.
Gangguan amandel apabila sering kambuh, dapat mengganggu kegiatan sehari-hari , termasuk belajar.
Jadi anak bodoh tidak karena punya amandel tapi karena sering sakit sehingga sering tidak masuk sekolah atau belajarnya kurang maksimal. Kalau sudah seperti ini keadaannya segera konsultasi pada ahlinya, maka sebaiknya dioperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar