Cari Blog Ini

Kamis, 29 April 2010

Oh, Perempuan Penakluk 14 Puncak Dunia

Seorang pendaki gunung Korea Selatan membuat sejarah di Himalaya dengan menjadi perempuan pertama yang menaklukan 14 puncang gunung tertinggi di dunia. Ia mengalahkan saingannya dari Spanyol untuk rekor tersebut.

Oh Eun-sun (44 tahun), sebagaimana dilansir Telegraph, Selasa (27/4/2010), merayap untuk mencapai puncak terjal Annapurna. Di puncak, dia mengeluarkan bendera Korea Selatan, melambai-lambaikannya, lalu menangis sebelum mengangkat lengannya dan berteriak, "Menang!"

Puncak Annapurna, dengan ketinggian 8.091 meter di atas permukaan laut, merupakan yang terakhir dari 14 puncak Himalaya di atas ketinggian 8.000 meter yang ingin ditaklukkan Oh. Dia mengalahkan Edurne Pasaban dari Spanyol dalam menaklukkan 14 puncak tertinggi dunia. Pasaban juga berusaha untuk menjadi perempuan pertama yang menakluk 14 puncak tertinggi dan hanya Gunung Shisha Pangma (8.027 m) yang tersisa dalam daftarnya.

Oh telah mencoba untuk mencapai puncak Annapurna tahun lalu, tetapi ia turun lagi setelah tinggal hanya ratusan meter dari puncak karena cuaca buruk. Salju dan angin juga sempat menghentikan langkahnya akhir pekan lalu.

"Saya menyerah karena perasaan tidak enak yang datang tiba-tiba bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi baik bagi saya atau rekan-rekan saya, termasuk terhadap para sherpa (anggota suku yang hidup lereng gunung Himalaya di Nepal) dalam perjalanan kembali ke base camp," katanya bulan lalu.

Dia mengatakan, perjalanan kali ini akan berbeda. Ia mengatakan, ia akan membawa foto Ko Mi-young, saingan seumur hidupnya yang jatuh hingga tewas tahun lalu saat turun dari Nanga Parbat, puncak tertinggi kesembilan di Himalaya.

Hari Selasa (27/4/2010) butuh waktu 13 jam bagi Oh untuk mendaki Annapurna. Pekikan kegembiraan pecah saat dia mencapai puncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar