Cari Blog Ini

Rabu, 21 April 2010

Keluarga Mafia Gambino Ditangkap

Lebih dari selusin tersangka anggota keluarga penjahat terkenal Gambino ditangkap di New York, AS, Selasa (20/4/2010). Jaksa siap menjerat mereka dengan litani tuduhan, mulai dari pembunuhan hingga prostitusi.

Mereka yang ditangkap dalam penggerebekan pada Selasa pagi itu termasuk Daniel Marino (69), yang dituduh sebagai bos keluarga Gambino yang memimpin sedikitnya 200 mafia dan ratusan asosiasi.

Jaksa Preet Bharara mengumumkan, dakwaan terhadap 13 tersangka dan satu lagi yang masih buron termasuk pembunuhan, perdagangan seks, meneror juri (pengadilan), perdagangan narkoba, dan penipuan. Sebanyak 12 dari tersangka ditangkap FBI dalam penggerebekan, Selasa pagi, sedangkan yang 13 lagi ditangkap pekan lalu.

"Seperti ditunjukkan dalam kasus hari ini, mafia itu tidak mati. Mafia masih hidup dan terus bergerak," kata Bharara sebagaimana diberitakan Telegraph, Selasa. "Mafia modern mungkin kurang berwarna, kurang flamboyan, dan kurang glamor ketimbang beberapa pendahulu mereka, tetapi mereka masih saja meneror bisnis, menggunakan tongkat bisbol, dan membuat orang-orang masuk rumah sakit."

Selain pemerasan, Marino menghadapi dua tuduhan pembunuhan atas kematian mantan anggota keluarga Gambino, Thomas Spinelli, tahun 1989 dan pembunuhan terhadap Frank Hydell, keponakan Marino, tahun 1998. Menurut jaksa, Spinelli dan Hydell telah dicurigai oleh anggota klan pejahat itu telah bekerja sama dengan penegakan hukum. Jenazah Spinelli tidak pernah ditemukan.

Yang juga dituduh melakukan kejahatan berat adalah Thomas Orefice dan Onofrio Modica. Modica menghadapi tuduhan pembunuhan ganda pada tahun 1987, sedangkan Orefice dan enam orang lainnya dituduh menjalankan sebuah jaringan prostitusi yang mengiklankan layanannya di situs internet populer, Craigslist.

Tuduhan lainnya terhadap para begundal tersebut, yaitu pemerasan, praktik lintah darat, dan perjudian ilegal.

Semua mereka yang berada dalam tahanan, usianya berkisar antara 24-69 tahun. Ancaman hukumannya bervariasi mulai dari lima tahun penjara untuk perjudian ilegal sampai penjara seumur hidup untuk pembunuhan, pemerasan, dan perdagangan seks terhadap anak di bawah umur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar